Sabtu, 08 Juni 2013

21.09 - No comments

ANALISIS HIKAYAT

KELAS              :          XII IPA 7
SEKOLAH         :         SMA N 1 PEKALONGAN
NAMA              :          HIMMAH ALAWIAH
IRNA MARLINA
MELLA FITRIANA SYAM
Rr.ARUM DEWANTI WIJAYA

HIKAYAT SINGA DENGAN SERIGALA YANG SALEH
Di sebuah hutan, hiduplah seekor serigala yang saleh bersama beberapa serigala dan zib. Dia tidak memakan daging, tidak pernah membunuh atau berbuat jahat seperti serigala lainnya. Oleh karena itu, teman-teman membencinya.
Kesalehan serigala tersebut terdengar hingga raja singa. Lalu, dia ingin mengangkat serigala saleh menjadi perdana menteri yang tertinggi. Dengan kerendahan hati, serigala menolak permintaan raja. Namun, raja terus memaksanya hingga akhirnya serigala mau menjadi perdana menteri karena raja juga berjanji akan melindunginya jika ada yang iri dan memfitnahnya. Melihat hal itu, pejabat raja yang lainnya sakit hati dan dengki. Mereka berencana memutuskan persahabatan antara raja dengan serigala.
Para pejabat raja yang jahat, mencuri daging kesukaan raja dan menaruhnya di rumah serigala saleh. Namun, serigala tidak mengetahuinya.
Keesokan harinya ketika raja singa hendak makan, dia baru tahu bahwa daging kesukaannya telah hilang. Raja singa pun marah dan mencari tahu pelakunya. Para pejabat raja yang jahat mengatakan bahwa yang mencuri adalah serigala saleh. Lalu, raja menyuruh kepercayaannya untuk memeriksa rumah serigala dan dia menemukannya. Akhirnya, raja memanggil serigala dan menghukumnya karena hasudan para pejabat yang jahat, tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Lalu, datanglah ibu raja singa dan memberi nasihat kepada anaknya bahwa setiap keputusan yang diambil harus dipertimbangkan terlebih dahulu agar tidak menyesal dikemudian hari.  Raja singa pun terbuka dengan nasihat ibunya tersebut dan meminta maaf kepada serigala saleh karena tidak mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya dan memutuskan suatu masalah secara sepihak.


ANALISIS HIKAYAT
*      Sudut pandang            :           orang ketiga serbatahu
*      Watak tokoh                :
ü  Serigala saleh       =          teguh pendirian (dialog antar tokoh), dapat dipercaya (dialog antar tokoh), alim (perilaku tokoh, dialog antar tokoh, dan penjelasan pengarang), rendah hati (dialog antar tokoh), bijaksana (dialog antar tokoh), setia (dialog antar tokoh).
ü  Raja                       =          suka memaksa orang lain (dialog antar tokoh), mudah putus asa (dialog antar tokoh), mudah terhasud (dialog antar tokoh), berkemauan keras (dialog antar tokoh).
ü  Penjahat (teman dan para pejabat yang dengki) =          pembenci (penjelasan pengarang), pendendam (penjelasan pengarang), penghasud (perilaku tokoh), pendengki (penjelasan pengarang).     
ü  Ibu raja singa        =          bijaksana (dialog antar tokoh)
*      Nilai moral                  :          
ü  Mematuhi nasihat orang tua
ü  Mempertimbangkan sebelum mengambil keputusan
*      Amanat                       :
ü  Janganlah mengabaikan nasihat orang tua

ü  Janganlah mengambil keputusan tanpa pertimbangan 

0 komentar:

Posting Komentar